Minggu, 30 Oktober 2011

Apa Arti Foto Profil Facebook Anda?

13041425611230282658
Sumber: http://bittwords.wordpress.com
Bila diperhatikan pengguna Facebook menggunakan foto profil yang bermacam-macam. Ada berupa foto sendiri/pribadi, foto sendiri yang close up sehingga hampir semua bagian muka terlihat, ada juga yang memakai kaca mata hitam, ada foto pribadi namun diambil dari jauh sehingga kurang jelas, bahkan ada juga yang tidak memakai sama sekali. Bagi mereka yang nge-fans dengan seseorang bisa juga memakai foto selebriti, ikon dan banyak lainnya.
Ternyata pemakaian foto profil tersebut paling tidak ada kaitannya dengan pribadi pengguna Facebook. businessinsider.com dan gawker.com mencoba mengartikan foto profil di Facebook dengan menebak kira-kira apa arti dari foto profil tersebut. Menurut kedua sumber tersebut,  memilih foto profil tertentu tidaklah semudah yang dibayangkan. Foto profil yang dpilih  ternyata bisa menggambarkan sedikit banyaknya kepribadian pengguna.
1. Foto Potret, Mulai dari Pinggang sampai Seluruh Wajah
Foto sejenis potret yang menampilkan wajah dan sebagian badan bagian atas menunjukkan bahwa anda adalah orang yang normal. Orang dewasa yang percaya diri dengan penampilan. Namun demikian, sebenarnya tampilan foto profil seperti ini menunjukkan anda orang yang sedikit membosankan. Bila foto profil anda bukan merupakan foto anda, melainkan buku yang pernah anda tulis lalu diterbitkan, barang promosi lainnya yang anda ikut mempromosikannya, ini berarti anda termasuk orang yang NARSIS dengan pencapaian anda (karier anda). Jika foto profil anda tersebut berupa foto diri, anda akan sedikit terganggu, apalagi kalau foto profil anda tersebut menunjukkan anda sedang memakai baju renang, bikini dan foto panas lainnya, bisa saja menunjukkan diri anda cukup HOT.
2. Foto Diri yang Diambil dari Jauh
Banyak yang menampilkan foto profil di Facebook berupa foto diri, namun diambil dari jarak yang jauh dari kamera sehingga kurang menampakkan wajah yang sebenarnya. Apalagi kalau foto tersebut diambil di pinggir sebuah sungai dan anda berdiri di sisi sungai dengan memegang payung sehingga tidak jelas apakah sungai yang ditonjolkan, apakah payung yang anda  pegang atau anda sendiri.
Foto profil semacam ini menunjukkan anda seorang yang tahu privasi dan tidak ingin orang lain melihat anda atau diri anda secara jelas. Anda mungkin termasuk orang yang sedikit pemalu dan pendiam sampai orang lain mengenali anda secara pribadi. Mungkin juga anda takut diketahui bahwasanya anda gendut atau mengalami operasi lasik yang gagal sehingga anda perlu menutupinya .
3. Foto Close Up Seluruh Wajah
Foto jenis ini menunjukkan wajah yang sangat dekat dengan kamera sehingga hampir semua bagian wajah terlihat jelas. Kadang ada pula yang memakai kacamata hitam, namun intinya bagian yang lain tidak terlihat, hanya bagian wajah.
Foto profil berarti anda ingin orang berpikir bahwa anda tidak ingin diakui di Facebook, padahal kenyataannya adalah sebaliknya, anda sangat ingin diakui namun anda menyembunyikannya dengan topeng tertentu seperti kacamata hitam dan lainnya. Foto profil semacam ini juga menujukkan ketidaksempurnaan anda, seperti ada jerawat, mata agak sipit sebelah, dan potongan rambut yang jelek. Hal ini juga menerangkan bahwa bila dalam satu pesta anda termasuk penyendiri atau suka sendiri bukan karena anda tidak mau dan malu, tetapi lebih kepada ketika anda memulai mendekati orang lain, orang lain tersebut merasa terganggu dengan kehadiran anda.
4. Foto Anda di Waktu Kecil atau Foto Lama
Ada juga pengguna Facebook yang memajang foto lamanya, baik ketika masih bayi atau remaja tapi masih hitam putih atau sudah lama sekali atau foto masa lalu. Jenis foto profil seperti ini menyiratkan bahwa anda menganggap masa lalu anda masih lebih baik dibandingkan masa sekarang. Buktinya anda lebih memilih foto masa lalu untuk ditampilkan dibandingkan foto saat sekarang. Anda masih mendengarkan musik yang sama, memakai pakaian yang sama, dan mencintai hal yang masih sama saat anda masih di sekolah menengah atau kuliah. Mungkin sekali anda sebenarnya tidak pernah berubah, anda belum tumbuh banyak dan menganggap anda lebih baik saat masih anak dibandingkan saat sekarang ini.
5. Foto Hewan Peliharaan
Foto hewan peliharaan juga sering dipajang di Facebook. Biasanya foto ini hanya menampilkan hewan peliharaan, tidak bersama dengan pemiliknya. Arti foto ini tergantung kepada hewan apa yang ditampilkan. Misalnya jika kucing berarti anda seorang perempuan jomblo, tidak punya pacar, jika anjing berarti anda seorang Gay yang jomblo, jika ular anda seorang laki-laki remaja atau penyuka death metal, jika ikan anda telalu banyak menonton The Real World, jika lumba-lumba anda memiliki ciri gelandangan, jika Hamster anda adalah Richard Gere, jika Unicorn anda mengagumkan dan jika kelinci? Anda orang yang aneh.
6. Foto Keluarga
Ciri foto profil ini adalah foto salah satu anggota keluarga tanpa subjek yang sebenarnya, seperti foto bayi atau anak, namun tidak ada ayah atau ibunya. Foto semacam ini menunjukkan bahwa satu-satunya yang anda peroleh dalam kehidupan dewasa anda adalah memiliki anak. Anda pernah memiliki banyak teman namun kini seluruh kehidupan anda tercurah untuk anak anda, ikut dengan kehidupan anak seperti menonton Dora The Explorer. Namun jangan khawatir menjadi ayah atau ibu adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.
7. Foto Pernikahan
Banyak juga pengguna Facebook menggunakan foto pernikahan mereka sebagai foto profil. Foto seperti ini menunjukkan bahwa anda ingin mengatakan kepada semua orang anda sudah dewasa, anda sudah tenang dan menjalani kehidupan bersama keluarga. Intinya anda sudah menikah, tidak mau lagi main-main atau selingkuh dan tidak mau digoda karena sudah punya pasangan tetap. Bila Anda menghabiskan sangat banyak uang dalam pesta pernikaan, mungkin saja mertua anda membenci anda saat melihat foto profil tersebut.
8. Foto Ikon dari Budaya Pop
Budaya pop banyak melahirkan bintang dan orang terkenal atau ikon seperti selebriti, cover buku, pemusik dan lainnnya. Banyak sekali pengguna Facebook yang memakai ikon budaya pop ini sebagai foto profilnya, seperti yang sedang menjamur foto William dan Kate Middleton.
Arti dari foto profil seperti ini adalah anda tidak memiliki kepribadian sendiri. Anda mendefinisikan diri anda dan orang lain berdasarkan pilihan hiburan tidak peduli apakah mereka aktris, pemusik, dan lainnya. Mungkin anda membaca review sebuah film di situs tertentu dan tertarik dengan karakter tokohnya dan mengandaikan anda memiliki kepribadian yang sama dengan tokoh tersebut. Intinya anda tidak berkepribadian!
9. Foto Pesta
Foto pesta, bisa juga foto saat merayakan ulang tahun yang liar atau perayaan tertentu sering juga dijadikan foto profil di Facebook. Mungkn foto saat minum arak bersama teman anda, menghisap narkoba  bersama-sama dan sebagainya.
Foto profil seperti ini menggambarkan bahwa anda seorang yang masih muda, bodoh, dan naif. Anda setidaknya akan dipecat satu kali dari pekerjaan anda atas apa yang anda posting di Facebook. Suatu waktu anda akan menyesal telah memasang foto tersebut dan menggantinya dengan foto pernikahan atau foto anak.
Nah foto profil anda di Facebook yang mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar